terimakasih sudah berkunjung || Klik di sini
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

Manfaat Tanaman Kayu Manis


(Berbagai Tanaman Untuk Obat Alami)
Fungsi kayu manis
Kiasifikasi Tanaman
Kingdom   : Plantae
Divisio       : Magnoliophyta
Class          : Magnoliopsida
Ordo          : Laurales
Familia      : Lauraceae
Genus        : Cinnamomum
Species      : Cinnamomum verum

Daerah Penyebaran
Asal-usul kayu manis tidak jelas, kemungkinan berasal dan China, Vietnam, Korea, dan Jepang. Kayu manis dapat tumbuh secara baik di tanah suhur, drainasenya baik, liat berpasir, curah hujan lebih dan 1000 mm, penyebaran hujan merata dengan suhu tahunan di atas 16°C dan cahaya yang cukup. Setelah melewati masa anakan, dapat bertahan pada suhu di bawah -9°C.

Uraian Tanaman
Kayu manis dapat mencapai ketinggian 40 m. Kulit kayu berwarna kuning atau cokelat dengan retakan vertikal. Daun bergantian, sederhana, dengan 3 sampai beberapa tulang daun berbeda, berbau menyengat bila di remas. Bunga berkelamin ganda putih kekuningan, lunak, dengan malai di ujung.
Kayu manis (Cinnamomum verum atau C. zeylaraicum) adalah sejenis pohon rempah-rempah yang beraroma kuat, manis, dan pedas. Karena sifatnya tersebut kaya manis sangat digemari masyarakat untuk digunakan sebagai bumbu.
Kayu manis menjadi salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan ada beberapa masakan khas Indonesia yang mensyaratkan sebagai bumbu wajib untuk mendapakan masakan yang lezat, seperti kolak, cookies, dan cake.
Penggunaannya dapat dalam bentuk kulit kayu maupun bubuk. Dalam penyimpanannya kayu manis membutuhkan tempat yang kering dan tertutup rapat agar aroma wangi tidak hilang.

Kandungan dan Khasiat
Kayu manis banyak mengandung senyawa kimia bermanfaat, seperti zat aktif N-terpinena, 1,8-sineol, terpin-eol, Z-sitral, geranial, minyak atsiri berupa trans-kariofilena, eugenol, miristin, 3-karena, N-pinena dan 1-limonena.
Kandungan kimia yang terdapat pada kayu manis mempunyai khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Di antaranya dapat meringankan dan rnenyembuhkan penyakit radang lambung, tekanan darah tinggi, vertigo, liver. sariawan, asam urat, rematik, asma, dan kram waktu haid. Kayu manis juga berkhasiat untuk mencegah influenza, masuk angin, muntah-muntah, mual, rematik, memperlancar pencernaan, anti diare, mengurangi keletihan tubuh. Kayu manis juga berpotensi besar sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas sehingga melindungi tubuh dan penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung koroner. Pada kulit batang kayu manis terkandung zat yang merangsang insulin. Aktifitas insulin akan memperlancar proses metabolisme glukosa, sehingga kadar gula di dalam darah bisa ditekan mendekati normal.

Ramuan untuk beberapa penyakit.
Asam Urat
Ambil 1 jari kulit kayu manis, 15 gr jahe merah, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, gr biji pala dan 4 gr daun cocor bebek. Rebus semua bahan dengan menggunakan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, saring dan diminum.
Hipertensi
Ambil 1 jari kulit kayu manis, 10 gr asam trenggalis, 6o gr rambut jagung, 30 gr daun seledri. Rebus semua bahan dengan 6oo cc air hingga tersisa 300 cc. Saring dan minum airnya ketika masih hangat.

Sariawan
Sediakan 2 jari kulit kayu manis, cuci kemudian potongPotong. Rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring dan minum airnya ketika masih hangat 2 sendok makan 3 kali sehari.


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

2 Comments:

Unknown said...


KAYU MANIS SUPER

Kami menyediakan kulit kayu manis antara 5 ton s/d 8 ton per minggu.
Kami memproduksi kulit kayu manis dengan kualitas tinggi dan terbaik.
Semua kulit kayu manis yang kami produksi adalah hasil pengolahan sendiri agar kualitas terjaga dan terjamin.

Bagi anda yang membutuhkan dan berminat silahkan hubungi kami:

HP. 0812 6973 544
BBM. 2AD17C31

Unknown said...


KAYU MANIS SUPER

Kami menyediakan kulit kayu manis antara 5 ton s/d 8 ton per minggu.
Kami memproduksi kulit kayu manis dengan kualitas tinggi dan terbaik.
Semua kulit kayu manis yang kami produksi adalah hasil pengolahan sendiri agar kualitas terjaga dan terjamin.

Bagi anda yang membutuhkan dan berminat silahkan hubungi kami:

HP. 0812 6973 544
BBM. 2AD17C31

 

=MFC= Copyright © 2010 MFC-Servis is Designed by Lasantha, 081 0000000