terimakasih sudah berkunjung || Klik di sini

TIPS MEMILIH NOTEBOOK


Awal tahun ini, kita cukup dikejutkan dengan berbagai perubahan yang membuat notebook lebih mobile dalam artian mempunyai daya tahan hidup lama dan berkinerja mumpuni. Perubahan tersebut datang Intel yang mulai meluncurkan prosesor barunya dengan graphics in die prosesor. Seperti tidak mau kalah, AMD juga turut meluncurkan proyek yang lama tertunda dengan AMD Fusion yang sama dengan pesaingnya, membuat sebuah graphics in prosesor yang hemat daya.
Perubahan tersebut membuat para calon pengguna notebook menjadi pusing, “Beli notebook dengan spesifikasi yang bagaimana, ya?”.
Ada banyak berbagai merk notebook atau netbook yang ada tersedia di pasaran. Dari mulai harga hanya 3 jutaan sampai dengan merk branded dengan harga diatas 20 jutaan. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran, tentu menuntut Anda agar pintar-pintar serta jeli memilih notebook mana yang paling cocok atau sesuai buat kebutuhan Anda. Definisi cocok antara orang yang satu dengan yang lainnya tentu berbeda-beda. Termasuk cocok buat saya, belum tentu juga cocok buat Anda.
Saya yang bekerja di IG Computer, suatu badan usaha yang berkecimpung di dunia komputer dan internet marketing akan memberikan beberapa tips memilih notebook. Namun, saya tidak akan merekomendasikan merek apa pun karena ini bukanlah ajang promosi ataupun iklan.
1. Pilihlah spesifikasi sesuai dengan kebutuhan
Sesuaikan spesifikasi notebook dengan kebutuhan aktifitas Kamu. Spesifikasi yang perlu diperhatikan yaitu processor, memory, vga, dan hardisk. Jika aktifitas Kamu seperti Programming/Desain Grafis/Multimedia, pilihlah notebook dengan processor  minimal yang sekelas core2duo atau x4 dengan memory minimal 2GB, ditambah lagi dengan VGA yang dedacated bukan yang shared sehingga tidak mengurangi besaran memory. selain itu juga untuk kebutuhan di atas dibutuhkan ruang penyimpanan atau hardisk yang cukup besar. Namun jika cuma browsing/office application, netbook cukup cocok untuk dipilih dengan spek. procesor atom dan dan memory 1 GB dan VGA yang shared.

2. Berat dan Dimensi
Pastikan dimensi dan berat sesuai dengan keinginan Kamu. Untuk Netbook sendiri, rata-rata tidak terlalu jauh bedanya antara merk satu dan lainnya. Pastikan kenyamanan Kamu jadi faktor penting.

3. Layar LCD
Netbook umumnya memiliki Layar LCD yang berukuran lebih kecil daripada Notebook/Laptop. Rata-rata berkisar sekitar 10.2 inch. Bagi Kamu yang cukup bermasalah dengan penglihatan yang terbatas, ada baiknya mempertimbangkan faktor ukuran. Tidak  lucu juga kalau setiap menggunakan Netbook, kaca pembesar selalu siaga di tangan kamu. Selain itu juga ada dua pilihan layar notebook, yaitu standard dan model wide screen (sudut lebar). Pilihan dengan wide screen kini lebih populer digunakan pada notebook. Untuk resolusi, format minimal yang digunakan umumnya adalah 1024x 768, khususnya untuk tampilan website.
4. Keyboard dan Tuts
Sesuaikan dengan ukuran tangan dan jari Kamu. Coba mengetik beberapa saat dan rasakan sensasinya. Kalau Kamu merasa kurang nyaman, terutama yang  jarinya jempol semua, pertimbangkan untuk cari yang lebih pas.
5. Baterai
Satu kelebihan notebook dibanding PC desktop adalah dilengkapinya dengan tenaga batteray sebagai catu dayanya. Semakin tinggi daya tahan sebuah batteray notebook akan semakin baik. Secara umum daya tahan batteray notebook berkisar antara 2-3 jam. Jika Anda sering mobile dengan notebook Anda maka pilihan notebook dengan daya tahan batteray cukup lama akan sangat cocok buat Anda. Di pasaran ada notebook yang batteraynya bisa tahan sampai 8 jam.

6. Aksesoris
Aksesoris, terdengar sepele, tapi cukup penting. Pastikan sesuai dengan kebutuhan Kamu. USB Port 2.0, Charger, Ethernet LAN, Bluetooth, Webcam, Modem 3G, dll. Adanya koneksi seperti port USB, Bluetooth, port LAN, dan WiFi akan sangat membantu pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat atau jaringan komputasi. Untuk kebutuhan mobile computing, WiFi tentu wajib ada karena memungkinkan anda mengakses internet di wilayah hotspot-hotspot yang sekarang banyak tersedia gratis di Mal, Café, atau area kampus Anda misalnya.

7. Operating System
Saya menganjurkan Anda untuk membeli notebook atau netbook dengan operation system original. Selain lebih aman membawa perangkat itu ke luar negeri, Anda juga dapat melakukan update secara berkala sehingga berbagai lubang keamanan yang bocor dapat ditambal. Selain itu, biasanya notebook atau netbook dengan OS original menyertakan Recovery Utility sehingga Anda dapat me-recovery Windows dengan mudah hanya dengan satu tombol. Harga yang ditawarkan sebuah perangkat mobile dengan OS original biasanya lebih mahal dibandingkan tanpa OS. Namun, yang harus Anda hitung adalah harga OS original tersebut yang menjadi murah karena dipaketkan dengan perangkatnya. Tentunya, Anda akan membayar lebih banyak jika membeli OS original secara terpisah.

8. Garansi
Pastikan juga Netbook memiliki garansi resmi, akan sangat membantu jika terjadi kerusakan. Cek kembali kelengkapan lainnya yang berhubungan dengan garansi.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

 

=MFC= Copyright © 2010 MFC-Servis is Designed by Lasantha, 081 0000000