terimakasih sudah berkunjung || Klik di sini
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic

ASAM JAWA (Tamarindus indica L.)


Kingdom  : Plantae
Divisio    : Magnoliophyta
Class      : Magnoliopsida
Ordo       : Fabales
Familia    : Fabaeeae
Subsuku  : Caesalpinioideae
Genus     : Tamarindus
Species   : Tamarindus indica



Daerah Penyebaran
Pohon ini berasal dan Afrika biasanya hidup di daerah beriklim tropis. Di Indonesia ditemukan di dataran rendah sebagai pohon penaung dan di tepi-tepi jalan raya.

Uraian Tanaman
Pohon asam jawa dapat mencapai ketinggian 25 m, dengan daun bersirip sama rata dan bunganya berwarna kekuningkuningan. Buahnya dapat mencapai panjang 3,5 - 20 cm dan tebal 2,5 cm. Kulit buah berwarna cokeat dengan daging buah berasa asam. Waktu muda daging buah berwarna putih kehijauan dan sesudah tua menjadi coklat.

Kandungan & Manfaat
Buah asam mengandung bermacam-macam asam (asam tatrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat, asam asetat) yang memudahkan proses buang air besar, melancarkan peredaran darah, dan mendinginkan. Daunnya berkhasiat memperlancar buang air besar dan menghilangkan rasa sakit.
Buah asam mengandung flavonoid, sehingga bersifat anti radang dan dapat membantu pengeluaran keringat. Daging buah asam dapat dibuat agar-agar, sirup atau manisan dan untuk mengasamkan makanan. Biji dibakar atau digoreng dan dapat dimakan. Buahnya dipakai sebagai obat dan sekarang sudah termasuk dalam hampir semua daftar farmakope. Asam jawa merupakan tanaman obat-obatan yang digunakan kurang lebih di 23 negara. Buah tua (asem kawak) berguna sebagai obat karena mengandung minyak yang tidak termasuk minyak terbang (madu asem). Dapat juga digunakan untuk membersihkan barang logam yang warnanya menjadi kehitaman. Asem kawak bila dicampur air biasanya digunakan sebagai obat gugur. Daging buah banyak mengandung asam tartar yang merupakan bahan utama untuk Fruit Salts, buatan Inggris. Daun muda berguna sebagai obat luar untuk borok, encok, bisul, eksim.

Obat alami untuk penyakit sebagai berikut
1. Bisul
2. Jerawat
3. Gatal berupa titik-titik merah bergelembung air
4. Gatal pada bekas luka yang sudah kering
5. Nyeri haid
6. Haid bau anyir
7. Batuk kering
8. Sariawan
9. Keputihan
10. Campak
11. Borok (luka berair dan bernanah, gatal, dan pedih)
Catatan: Ramuan asarn kawak jangan diminum oleh wanita hamil.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

 

=MFC= Copyright © 2010 MFC-Servis is Designed by Lasantha, 081 0000000